Jadi Begini Rasanya Karaoke Sendirian...



          Jadi saya ini lagi kepengen teriak-teriak. Tapi saya gak nemuin lembah hijau indah buat tempat teriak kayak di film-film. Teriak-teriak doang tanpa arti juga kayaknya kurang memuaskan jiwa ini. Kesimpulannya, saya pengen karokean, karena sebenarnya saya suka nyanyi dan saya pikir nyanyi itu salah satu stress reliefku.

          Bagai kerasukan, gue tanpa ba bi bu lagi pas kebetulan lagi di ciwalk langsung mampir ke Studio Karaoke yang ada disana. Waktu itu gue lagi galau berat dan itu bikin gue tanpa mikir panjang  melangkah pasti masuk ke Studio Karaoke tersebut, sendirian, nenteng tas laptop, acak-acakan kayak orang gila. Iya, gue sendirian. Agak tabu rasanya denger orang karaoke sendirian, cewek pula, tapi gak bikin gue mikir dua kali waktu itu. Pokoknya waktu itu gue udah lost my mind, pengen gila-gilaan tanpa gangguan, titik! {{Stress level HIGHH}}

          Walau gue sudah biasa apa-apa sendiri, teuteup aja pas pertama kali ngelakuin suatu hal yang umumnya gak orang lakukan sendiri, gue mengalami dilema, antara logika dan hati #cie


                  Hati: "Entar pas booking pasti ditanya, berapa orang mba. Gue jawab apa ya. Apa gue sandiwara aja sok nunggu temen terus bikin drama si temen gak jadi dateng. Kayaknya sedih banget gitu kalo bilang 'satu orang mba'."

                   Logika: "Alah tai banget si lo sok gengsi banget. Sendiri mah sendiri aja, yang penting udah karaoke, bayar!"


          Akhirnya perseteruan ini dimenangkan oleh logika. Gue pun mantap masuk ke itu studio dan sudah siap bilang "satu orang" seakan-akan itu kalimat sakti tapi ternyata si mbaknya... gak nanyain!

          Mungkin dia udah peka duluan kali ya lihat gue yang acak-acakan ini jalan masuk sendirian, jadi gak usah dia perjelas juga kalau gue booking small room buat satu orang. Dia cuma kasih info jam berapa gue masuk, dan voila! Gue pun tinggal nunggu.

          Akhirnya waktu gue masuk datang, gue langsung masuk-masukin lagu yang lagi gue dengerin akhir2 ini ke playlist. Awal-awal nyanyi masih agak gimanaa gituu. Masih gue jaga suara gue, sebisa mungkin gak sumbang2 amat. Geli sendiri gue dengernya. Takut orang diluar juga denger. Padahal diluar ada siapa juga gue gak tahu.

          Tapi semua berubah setelah 20 menit berjalan. Gue mulai mengeluarkan seluruh suara gue sampe serak-serak dan bergaya ala penyanyi hitzzz. Berhubung gue lagi galau mampus, gue kebanyakan muterin lagu mellow. Sambil nyanyi-nyanyi heboh, gue ngebatin,

           Jadi gini rasanya ya... oh... gilaaaaa sih! karaoke sendirian enak bangeeetttt!!!

          Tatkala karaoke sendiri begini, gue gak nemuin hal-hal yang biasa gue alami pas karaoke-an sama orang.


                  "Duh pengen teriak-teriak nih tapi malu kalo suara gue entar kepleset-pleset." 
                  "Eh lagu ini gue suka tapi kayaknya bakal sumbang abis." 
                  "Duh pengen lagu ini tapi pasti yang lain kagak pade tau." 
                  "Pengen joget tapi kok awkward." 
                  "Ih suara gue kok jelek. Malu nih kedengeran dia." 
                  "Ahhh nada rendah banget nih. Nyanyian gue udah kek orang baca bukuuuu!!" 
                  "Wanjir nada tinggi, suara gua gak sampe!!" 


          Tapi ketika gue sendirian di ruangan karaoke itu, gue masukin semua playlist yang gue suka. Lagu jadul lah, lagu baru lah, lagu Korea lah.

          Lagu Korea entar begimana nyanyiinnya? pronounciation hancur? HAJAR DAH! BODO AMAT!

          Gue kerahkan seluruh suara ini dan menyanyi dengan ekspresi total sambil joget-joget seakan gue lagi nyanyi di sebuah stage, juga berlagak main piano pas opening lagu Adele yang 'When We Were Young'. Dan, gue PUAS banget pas nyanyiin lagu 'No Lie' - nya Dua Lipa ft. Sean Paul. Gue puter lagu itu 2x dan gue joget-joget mampus kayak orang kesetanan. Kebayang gak seorang Sarah joget-joget kesetanan? saking gilanya, dua mic yang disediain di studio itu gue pake dua-duanya berbarengan. ROCKSTAAAAARRRR IS IN DA HOUSE HIYAAAAHHHH!!!!

          Terus pas lagu mellow gue nyanyi pake hati banget sambil masang mimik menghayati lirik lagu yang "GUA BANGET INI!". Pas nyanyiin 'Million Years Ago'-nya Adele, gue berasa lagi ngomong sama orang-orang tentang isi dari lirik lagunya yang baru gue sadar, mostly menggambarkan GUE BANGET (some of the lyrics)! Pun gue ngebayangin Marc Marquez ada di hadapan gue pas gue nyanyi lagu 'Cinta Mati'nya Agnes Monica ft. Ahmad Dhani (jadul parah).

          Masuk ke playlist Korea, gue muter semua lagu Shinee yang upbeat dan lagu Jonghyun yang 'Breath' sama 'Lonely'. Gue seneng parah pas sesi Korea karena bisa bener-bener lepas nyanyiin lagu-lagu Korea yang selama ini gue malu kalo nyanyiin depan umum (pronounciationnya itu loh.. gak nahan bruuuhh!)

          Gue jadi pengen ketawa sendiri pas nyanyiin lagu 'Breath' Jonghyun yang featuring Taeyeon. Itu lagu gue suka banget dan ketika dapet kesempatan bisa nyanyiin lagu ini secara all out, gue nyanyiin pake nada yang wallahu a'lam kedengerannya kek apa. Pas bagian Jonghyun gue nyanyi ngikutin nada cowok yang agak rendah, pas bagian Taeyeon gue nyanyi ngikutin nada cewek yang agak tinggi. "Pokoknya gue bintangnya, suka suka guaaaahhh." << isi otak gua waktu itu.

        Gue memasuki beberapa sesi lagu, sesi Dua Lipa, sesi Michael Jackson, sesi Shinee + Jonghyun, dan sisanya lagu-lagu acak yang gue suka. Sebenernya gue sempet pengen nyanyi lagu Spanyol, tapi ternyata di library-nya gak ada. Padahal gue udah nyiapin lidah buat kebelit-belit nyanyiin berbagai bahasa. Bahasa alien pun kalo perlu gue jabanin dah!

          Tidak terasa gue memasuki menit 1:43 dan gue gak rela konser tunggal ini sudah mau berakhir. Padahal rencananya gue mau bikin ini suara sampe habis, kalo perlu gue jadi juru kunci itu tempat karaoke deh! Pas si mas petugasnya masuk ngasih struk, gue bilang


                  "Mas nambah satu jam ya." 
                  "Maaf mbak ada waiting list." 
                  "HAH!!! Oh. Yaudah!!"


          Sialannn!! harusnya dari awal gue booking buat 3 jam aja langsung! padahal gue udah mikirin berbagai lagu yang siap gue masukkan ke playlist tapi sayangnya gue harus mengakhiri sesi karaoke kali ini, SEBENTAR LAGI!

          Sambil masih gak rela bentar lagi udahan, sebagai penutup, gue muter lagu 'Everybody'-nya Shinee. Pas nyanyi itu gue jadi nyadar kalo ngejaga suara pas nyanyi sambil joged alias dance itu susah banget!! NGOS NGOSAN PARAH!! Tapi gue gak niruin dance Everybody-nya Shinee kok. YA KALI!!! yang ada gue mah bakal salto salto gak jelas!!

          Akhirnya pas lagunya beres di menit 1:58, layarnya langsung di lock sama sistem. Gila lo padahal ada 2 menit lagi. Pengen banget gue cepet-cepet cabut ya!!

          Sesi karaokepun berakhir dengan perasaan gak puas karena gue sebenarnya pengen lanjut sampe 3 jam atau bahkan sampe 5 jam (kalo ada uang). Gue keluar dengan penampilan acak-acakan kayak gembel tapi berlagak sok elegan. Gue abis konser tunggal lohhh!!! -Padahal mah kampretttt-

          Ohya bonusss... gue ngerekam beberapa lagu pas gue nyanyi loh! PD abis tapi ya gatau, pas itu gue pengen rekam aja. Pokoknya pengen sok bintang lah gue. Malah tadinya gue mau live instagram sambil nyanyi tapi untungnya langsung 'sadar' saat itu juga.

Ini top hits yang gue nyanyi sambil rekam:

Illfeel gak lo denger suara gua? Haha. Kalo illfeel berarti kita tidak ditakdirkan bersama #jiahhhh


Dan ini lagu-lagu yang gue nyanyiin di playlist (gak semuanya, yang gue inget aja)

1. Chasing Pavement - Adele (2x)
2. Chandelier - SIA
3. Cheap Thrills - SIA
4. Ben - Michael Jackson << lagu paling jadul dan yang paling gue suka
5. You Are Not Alone - Michael Jackson
6. Instruction - Demi Lovato
7. Childhood - Michael Jackson
8. Wanna Be Startin Somethin - Michael Jackson
9. IDGAF - Dua Lipa
10. Garden - Dua Lipa
11. No Lie - Dua Lipa ft. Sean Paul (2x)
12. One Kiss - Dua Lipa ft. Calvin Harris
13. Titanium - Madilyn Bailey
14. Let It Go - James Bay
15. Here - Alessia Cara << ini lagu kebangsaan gue
16. 7 Years - Lukas Graham
17. View - Shinee
18. Love Like Oxygen - Shinee
19. Dream Girl - Shinee
20. Let Me - Zayn
21. Lonely - Jonghyun ft. Taeyeon
22. Breath - Jonghyun ft. Taeyeon
23. Million Years Ago - Adele
24. When We Were Young - Adele
25. Cinta Mati - Agnes Monica ft. Ahmad Dhani << btw ini satu2nya lagu Indonesia yang gue nyanyiin
26. Blow Your Mind (Mwah) - Dua Lipa
27. Sherlock - Shinee
28. Everybody - Shinee
29. so on

Jadi gimana Sar? mau karaoke sendirian lagi?

MAU PAKE BANGET!!!
KALO PERLU GUE BELI JUGA DEH STUDIO KARAOKENYA!!
WUAHAHAHAHA



Credits:
pic from: coolmaterial [dot] [kom],
edited by myself


catatan: saya terinspirasi banyak oleh kisah2 karaoke sendirian lainnya. Itu salah satu pendorong saya main nyelonong aja ke studio karaoke tanpa basa basi untuk karaokean, SENDIRIAN....*ngomong ala penyiar Ardan Nightmare*

20 komentar:

  1. Wanjay emang gile banget nih, wkwk boleh lah gw coba

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha boleh tuhh entar rekam juga trus share ke orang2 ya biar gilanya total :DDD

      Hapus
  2. Gua udah tau dari dulu suara Lo bagus SAR tapi g pernah mau dia ajak duet -_-sebel, tapi pernah deh yang mocca dulu waktu kelas 8 wkwkwk �� kangen sarrrr������

    BalasHapus
    Balasan
    1. bagus kayak radio butut kalii ahh hahahh :))
      ayoo entar kita duet lagi ya di panggung RT RW :DDD

      Hapus
  3. Ituuu suara sumbang Sarah??? pls suara aku apaaan.. dijurang sumbang kali:'(((

    BalasHapus
    Balasan
    1. ayo kita duet cha siapa tahu bisa bikin grup duoel sumbang :)))

      Hapus
  4. Tq berat... Malam ini gw bakal karaoke sendirian kya gini

    BalasHapus
  5. Wow so inspiration. I must try ��

    BalasHapus
  6. Dari dulu gue pengen nyoba karaoke sendirian kayak gini, tapi tiap mau book, selalu penuh! Jadinya belum kesampean sampai sekarang. mbaknya shawol ya? Haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya nihh shawol baru akuuu :D

      cobain daahh, kalo perlu ambilnya happy hour biar muraahhh trus ambil 4 jam :D

      *keluar studio langsung gabisa ngomong xDD

      Hapus
  7. Kebetulan lagi galau tapi ga ada teman buat karaoke.Sebenarnya cita2 karaoke sendirian sdh lama,Tapi masih gengsi disangka ngenes padahal iya...
    Coba ahhh��

    BalasHapus
  8. mantap kak, menginsipirasi bener dah :v boleh dicoba tuh wkwkwkwk

    BalasHapus
  9. Lagi mau karoke sendiri tp takut terus jd cari2 cerita orang yg pernah karoke sendiri.. Baca ceritanya kak sarah jadi yakin��

    BalasHapus
  10. Kemaren2 galau kepikiran mau pergi karaoke sendirian, tapi malu tar pas ditanya (mau berapa orang kak) terus iseng ketik "pengalaman karaoke sendiri" digoogle. eh nemu blog ini!! tanpa pikir panjang, pesen ojeg online, benerin jilbab dikit langsung cuss otw! Thanks sudah menginspirasi:)

    BalasHapus
  11. u lucu banget deh sis. wkwkw. tapi suara u mayan juga kok, sy terlanjur bayangin ngeri sengeri2ny tu lagu2 dinyanyiin org galaw.wkwk tp oke sis. lanjutkan, sy jg mau coba.

    BalasHapus
  12. ketika hati sama logika lagi beradu ya sis. sepertinya sore ini daku ingin mengikuti jejakmu karaokean sendirian wqwq. stress berat

    BalasHapus
  13. Terimakasih ceritanya..jd semakin yakin mau coba karaoke sendirian
    Semangat kak

    BalasHapus
  14. Udah lamaaaa banget pengen karaoke sendiri. Kalo sama temen kadang tuh suka gk lepas soalnya kaya ga enak gitu, takut lagu2 yg aku pilih di merekanya gk nyaman gitu. Walaupun mereka mah nyuruh aja nyanyi. Tapi aku nya mah tetep ngerasa gk enak aja. Kaka daerah Bandung ya? Sayang banget domisili aku Bekasi dan masih gk tau rekomen karaoke yg pas buat nyanyi sendiri dimana:((

    BalasHapus