7 Cafe Sepi buat Nongkrong Produktif di Bandung

Surga dunia salah satunya bagi gue adalah cafe sepi berwifi kenceng."
          Kata seseorang bernama Sarah yang nulis artikel ini, alias guaaa hahahahaa.

          Anak millenials sekarang ini kayaknya paling suka ngerjain apa-apa bukan di tempat dimana mereka biasa ngelakuin hal tersebut. Contohnya gue nihh *cie millenials*.
          Berhubung di tiap weekend gue selalu menghabiskan waktu dengan kuliah dan bekerja, yang mana dua hal tersebut gak jauh-jauh dari ngerjain tugas, gue jadi sering nangkring di berbagai cafe yang gue temui di kota Bandung. Tapi karena tujuannya khusus buat ngerjain tugas, gue membutuhkan tempat yang gak terlalu berisik juga suasananya adem dan kondusif. Makanya gue cenderung cari cafe yang sepi dan suasananya bernuansa rumahan, hehehe.
          Sepanjang gue nangkring di berbagai cafe di Bandung, berikut ini cafe yang gue filter dari yang paling enak sampe yang enak aja entah itu buat kerja, menyendiri, ngerjain tugas, wifian, dan lain-lain, pokoknya yang mendukung suasana bebas distraksi dan anti gangguan! Berhubung main topic-nya adalah cafe yang sepi, gue masukkin persentase ramai tidaknya ya, CUMA ADA DI ARTIKEL INI LOH HAHAHA.



          *ohya sebelumnya mohon maaf banget ya karena foto-foto cafenya masih bersumber dari google karena sejujurnya gue lupa banget ngambil foto yang oke buat bikin artikel ini. Segera akan gue ganti fotonya dengan punya gue sendiri ya. Selama foto masih ambil dari google, sumbernya akan selalu gue cantumkan.

1. Caffe Bene

sumber foto: cavinteo [dot] blogspot [dot] kom

          Pertama kali gue kesana sama temen kampus, gue langsung jatuh cinta sama Cafe yang merupakan cafe khas Korea ini. Suasananya bener-bener tenang dan sepi, sama sekali gak berisik. Interiornya mayoritas terbuat dari kayu dan rasanya seperti rumah *cie*. Penerangannya yang cenderung kuning juga lagu-lagu Korea yang diputer bikin suasana terasa hangat dan damai. Wifi kenceng mantap gila, gue aja streaming nonton MotoGP waktu itu bener-bener nyaman dan khidmat *ceilah*.
          Buat makanannya, disini ada berbagai cemilan yang tentunya mayoritas berbau Korea. Ada Patbingsoo yang super gede dan asik banget buat dimakan bareng-bareng, ada waffle yang punya cita rasa cihuy, dan makanan-makanan khas Korea lainnya. Cuma ya karena produk impor, maklum aja harganya diatas rata-rata cafe lain. Walaupun begitu, harganya worth it kok dengan menu2nya. Pokoknya, sekali mampir kesini, siap-siap buat nangkring betah seharian!

Lokasi : Jl. Ir. H.Djuanda No.155, Lb. Siliwangi, Coblong, Kota Bandung, Jawa Barat 40132
Fasilitas : colokan, wifi kenceng
Tingkat keramaian : 15% (sepi dan tenang)
Kisaran harga : < 30.000

2. Iconik Cafe Bandung

sumber foto: pergikuliner [dot] kom

          Cafe Iconik ini terbilang baru, letaknya persis di atas Yamaha JG Asia Afrika. Ceritanya, gue nemu cafe ini pas lagi ngebengkel si Mersi (motor gua). Kan dari dulu gue selalu suntuk tuh tiap ngebengkel, terus pas gue nemuin ini cafe, rasanya tuh seneeeennggg bangaaaadddd. Belum lagi cafenya suasananya enak banget, sepi, anget, juga diputer lagu-lagu via infocus yang ada di area smoking. Kalau lagi ada acara bola, biasanya tu infocus muterin tayangan bola. Dan yang paling gue seneng dari ini cafe, ADAA SHOWROOM MOTORNYAAA!!!! Sebagai pecinta motor gue senank pake banget bisa ngafe ditemenin pajangan motor dan helm yang keren!
          Interiornya rata-rata sama sih kayak Cafe Bene, cuma ya kayak cafe biasa, gak begitu rumahan banget. Mirip-mirip Upnormal deh buat gambarannya. Penerangan khas yang bernuansa kuning bikin betah diem lama-lama.
          Soal makanannya, murah-murah dan mengenyangkan! Menunya lebih ke kayak nasi+chicken gitu sih, minumannya juga universal (dari air mineral, jus, teh, kopi) dan yang pasti ena banged. Hanya gue cukup menyayangkan sih letaknya yang cukup tersembunyi, jadi kurang banyak orang yang tahu. Nongkrong disini buat quality time sama temen/keluarga, atau buat ngautis kerja sendirian, cocok banget. Eh iya, kekurangannya disini cuma satu, wifinya relatif gak begitu kenceng.

Lokasi : Jl. Asia Afrika No.172, Paledang, Sumur Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat 40265
Fasilitas : colokan, wifi standar kadang gangguan
Tingkat keramaian : 15% (sepi dan tenang)
Kisaran harga : 10.000 - 50.000an

3. Warunk Upnormal

sumber foto: pergikuliner [dot] kom

sumber foto: welcomehome491111637 [dot] wordpress [dot] kom

          Upnormal itu dari dulu adalah salah satu tempat nongkrong favorit gue. Dari banyaknya cabang yang bertebaran di kota Bandung, gue paling suka Upnormal Ciwalk dan Upnormal Coffee Roaster BEC. Yang Ciwalk walaupun termasuk ramai, tapi suasananya kondusif dan nyaman buat kerja. Yang Coffee Roaster BEC, itu letaknya dalem mall BEC sih, dan gak bisa dibilang sepi. Anehnya, tetep aja cafe ini jadi salah satu favorit gue buat kerja, dan gue gak merasa terdistraksi dengan ramainya BEC. Posisi meja dan view keluar yang adem jadi alesannya. Plus, colokan yang merajalela dimana-mana gak bikin kita kesulitan kalau gadget dan laptop kita abis batre. Waiternya siap nyediain colokan panjang yang bisa dibawa kemana aja lo mau *asal jangan dibawa pulang aja hehehe*. Wifi disini kenceng mantap, ya cuma gak begitu sepi aja. Tapi sekalinya lo pasang headset atau headphone, seisi cafe berasa milik lo sendiri dehhh.

Lokasi :
* Warunk Upnormal Ciwalk: Cihampelas Walk Broadway Street, Jl. Cihampelas No.160, Cipaganti, Coblong, Cipagant, West Java 40131
* Upnormal Coffee Roaster BEC: Jalan Purnawarman No. 13-15A Istana Bandung Electronic Center, G. Blok AA / 01 d, Babakan Ciamis, Sumur Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat 40117
Fasilitas : colokan, wifi lumayan
Tingkat keramaian : 70% (ramai tapi kondusif)
Kisaran harga : 25.000 - 100.000an

4. Blue Doors

sumber foto: mixedupalready [dot] kom

          Cafe yang letaknya lumayan tersembunyi di Jl Gandapura (dekat Taman Pramuka Bandung) ini suasananya rumahan banget dan enak banget buat dipake kerja/ngerjain tugas. Berhubung ini coffee shop, jadi menunya tentu saja berbagai macam kopi dan beberapa jenis cemilan. Waktu gue kesini yang gue pesen cuma green tea latte pake topping es krim sih, tapi kakak gue pesen roti gitu dan katanya enak.Rasanya? mantap dah.
          Suasananya pas lagi sepi enak banget buat kerja, kalaupun gak lagi sepi, ya asal lo nempatin tempat duduk yang enak, pasti betah. Wifi-nya walau gak terlalu kencang tapi mengakomodir untuk mengerjakan tugas-tugas kantor ataupun kuliah, asal gosah yutupan aja yak. Disini lo bisa ngopi-ngopi asik sambil ngerjain hal produktif tanpa rasa suntuk karena lagu-lagu keren yang diputer siap nemenin lo sepanjang waktu. Kalo gue nih ya, udah diputer lagunya Michael Jackson, langsung deh, "Ahhhh aku gakmaoo pulaaaangggg" *seketika jadi kuncen*

Lokasi : Jl. Gandapura No.61, Merdeka, Sumur Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat 40113
Fasilitas : colokan, wifi standar
Tingkat keramaian : 30 - 60% (tergantung jam lo datang, suasana sepi, tenang, nyaman)
Kisaran harga : <30.000an

5. Hanesa Coffee & Kitchen

sumber foto: pergikuliner [dot] kom


          Pertama gue masuk kesini, gue seperti menemukan 'rumah baru'. Gimana enggak, pas gue kesini di jam-jam biasa orang nongkrong, jam 5 sore, di dalem ini cafe cuman ada gue doang! jelas aja gue bisa milih spot paling enak buat nangkring hingga berjam-jam lamanya.
          Mungkin karena letaknya di perkomplekan bikin cafe ini suasananya jadi nyaman dan tenang, juga gak terlalu ramai orang. Jadi cafe ini cocok bangettt buat lo yang butuh konsentrasi penuh buat mengerjakan apa aja, disertai dengan wifi dan colokan  yang siap menunjang. Lo mau selonjoran juga kayaknya nyaman-nyaman aja, orang gak ada siapa-siapa.
          Soal makanannya, bener-bener bervariasi. Yang gue suka adalah, ada list makanan khusus non MSG-nya, mantap jiwa ga tuh! Cafe sehat ini mah. Makanan yang lainnya dari makanan berat sampai dessert ada. Yang gue beli pas gue kesini adalah waffle vanilla dengan harga yang oke, 25ribuan aja. Minumannya ada kopi, jus, milkshake, dan lain-lain. Cukup bervariasi untuk lo yang pengen makanan dan minuman yang gak itu-itu aja.

Lokasi : Jl. Batununggal Indah Raya No.197 Komplek Batununggal Indah, Batununggal, Bandung Kidul, Kota Bandung, Jawa Barat 40266
Fasilitas : colokan, wifi
Tingkat keramaian : 10% (super sepi, super tenang)
Kisaran harga : <25.000an

6. Paris Van Java Cafe & Resto Speciality Coffee

sumber foto: id [dot] openrice [dot] kom


          Gue tahu cafe ini dari bos gue pas kita kerja bareng disana. Pertama kali kesana, gue udah suka suasananya yang gak terlalu banyak orang. Menu-menunya lumayan beragam, ada main course, appetizer, dessert, lengkap semua pokoknya, tapi mohon maaf yaa karena gue gak begitu ingat detail apa aja makanannya. Tahu gak kenapa? soalnya tiap gue kesana gue selalu pesen the one and only, PANCAKE GREENTEA!!!! my forever favourite dessert! ah bukan dessert sih itu buat gue, tapi makanan utama! selain itu yang gue inget, disini ada makanan kayak nasi goreng, french fries, jus, kopi, dan sisanyaaaa gue lupaaa *artikel macam apa ini hahaha*
          Cafe ini dibagi dua bagian, di dalem non-smoking, diluar area smoking. Colokan banyak, gausah bawa colokan tambahan dehh. Wifi? surga! kenceng banget! buat lo yang mau nongkrong sambil yutuban, nonton film atau donlot-donlot, ini tempat cocok banget dan bikin pengen nginep!

Lokasi : Jl. Ambon No. 11, Citarum, Bandung
Fasilitas : colokan, wifi super kenceng
Tingkat keramaian : 45% (ramai kondusif, nyaman buat kerja)
Kisaran harga : <20.000an
       
7. Yellow Truck Coffee & Tea

sumber foto: mixedupalready [dot] kom


          Nih gue ke cafe ini malem-malem sendirian loh, biar dapet feelnya *entah feel apa*. Gue seneng banget sama cafe yang gak terlalu besar, sepi, penerangannya kuning dan suasana rumahan, dan Yellow Truck ini memenuhi semuanya! Cafe ini letaknya di Jl. Patuha, jalan yang gak terlalu banyak orang laluin. Jadi ya wajar aja lumayan sepi tempatnya dan gak berisik sama suara lalu lalang kendaraan. Interiornya kayak rumah model lama yang mayoritas berwarna kuning, seperti namanya. Ada area luar dan dalam, cuma gue gak liat ke area luar, karena udah malem, gue yang kedinginan kayak emak-emak rempong langsung duduk cantik di area dalem, di spot favorit, ada senderan dan deket colokan.
          Setahu gue kayaknya area luar ataupun dalem bebas mau smoking apa engga, soalnya gue pas duduk di dalem emang udah disediain asbak dan ada orang yang ngerokok. Tapi sama sekali nggak ngeganggu kok buat non-smoker, karena posisi meja yang gak terlalu berdekatan :) Soal colokan aman, bertebaran dimana-mana, dan kecepatan wifinya lumayan. Cafe ini cocok buat nongkrong berjam-jam, mau sendirian ataupun sama teman. Diputernya lagu-lagu Indie disini nambah tingkat keademan dan bikin lo pengen nongkrong berlama-lama *selama gak ada segerombolan orang berisik yang datang*.
          Menu yang ada disini ada berbagai kopi dan makanan berat sampai cemilan. Gue sih belinya, as always pasti Green Tea Latte, sama sepiring spaghetti yang bikin kenyang. Rasanya ajib dan harganya worth it, cukup lah lo bawa 30ribu doang, kenyang kok, kenyang sama minum :)

Lokasi : Jl. Patuha No.29, Lkr. Sel., Lengkong, Kota Bandung, Jawa Barat 40263
Fasilitas : colokan, wifi standar
Tingkat keramaian : 40% (relatif sepi)
Kisaran harga : <20.000an


          Oke baru segitu aja cafe yang menurut gue paling cocok buat kalian yang nyari suasana yang hangat, sepi dan nyaman buat kerja ataupun sekedar nongkrong. Next gue akan melanglang buana lagi menyelami dunia perkafean dan mungkin akan membuat artikel tentang cafe dengan tipe yang lain untuk gue share ke kalian semuwaaaa!!! Sampai jumpa di postingan berikutnyaaa!!

Btw yang tahu rekomendasi cafe adem lainnya, sharing sharing ya di kolom komen!
atau kontak gue aja langsung ke sosmed gua di blog ini bagian kiri atas :)
Hatur Nuhun!

4 komentar:

  1. Ada lagi teh, kopi kondang namanya. Lokasi di batununggal juga teh, di sebelah gedung futsal seberangnya griya teh. Tempatnya emang ga terlalu kelihatan. Sepi dan nyaman juga buat ngerjain tugas

    BalasHapus
  2. teehh, review cafe suasana alam dong yang sepi buat ngadem sendiri bergalau riaaa

    BalasHapus