Pasang Behel Murah Berkualitas di RSKGM Bandung

Halo! Postingan ini aku awali dengan update yaa, karena mungkin kalian yang mampir kesini datang untuk mencari informasi terbaru mengenai pemasangan behel di RSKGM Bandung. Jadi, supaya artikel ini tetap relevan dan informatif buat kalian! Hehe

Buat cerita lengkapnya (+bumbu bumbu ceritanya), kalian bisa scroll sampe bawah ya!

NEWEST UPDATE (24 Maret 2020)

Halo semua! Been a long time ya.
Maaf banget jarang update lagi, udah mau 2 tahun lagi duhh yaampon maafin yaa πŸ™

Aku mau update lagi nihh berhubung ternyata masih ada yang sampe nyari sosmed aku pengen nanya2, saking lamanya aku menghilang dari postingan ini.

Pertama, update soal harga dulu yaa

Baik dari harga pasang behel saat ini sampai biaya kontrol semuanya sudah naik gais. Untuk pasang behelnya sudah aku pastikan langsung harganya 5.550.000. Daaaannn biaya kontrol yang tadinya 75.000 perkontrol, sekarang naiknya Alhamdulillah gak tanggung-tanggung gais! Naek 50.000 jadi 125.000 perkontrol. Kenaikan ini bukan tanpa alasan, tetapi karena perda baru yang diberlakukan pemerintah. (Gakpapa biar semangat cari cuan untuk dihabiskan ke gigi πŸ™ƒ)

Kedua eike mau update soal kontak dan tanya jawab gansis!

Sebenernya sejak 2 tahun aku menghilang ini masih ada temen-temen pembaca yang ngedm aku pengen nanya-nanya saking lamanya aku gak update di blog.

Kalo kalian mo nanya2 fast response bisa DM ig aku aja eaa @serbasarah. Sekalian mutualan yuk gaisnyaaa! ;)

Feel free aja yaa untuk nanya2, tapi jangan ngeskrinsut2 foto gigi aku ah aku gak nyaman hehe. Ada yg pernah skrinsut gigi aku yg lama trus dibandingin sama yg baru dikirimin ke ig aku wadauww hahaa kursop alias kurang sopan aja menurutku heheh

Ketigaaa
Ini dia update-an gigiku yang sekaranggg!!!


Jelas gak si gaisnyaa? 
Yaaa intinya tu dua gigi di belakang udah berjajar di depan yeaaayy senengnyaaa!
Tapiiii itu belum bener-bener rapi gengs masih ada space alias jarang2 gitu atas maupun bawah. Pleus juga gigi seri aku masih miring kayak update-anku 2 taun lalu. Susah yo benerinnya tu mesti satu2 gigi digeser cobak kata dokternya :')

Ohiya. Aku juga udah melakukan cabut gigi. Berapa gigi? Empat gigi gengs! Dua di rahang bawah, dua di rahang atas. Itu nambah biaya lagi ya. Terakhir aku cabut gigi bawah pertengahan 2019 125.000an/gigi (kalo gak lupa), pokonya di atas 100rb aja per gigi. Itu karena rahangku kecil tapi giginya kebanyakan. Makanya sebelumnya bertumpuk sampe ada yg di barisan belakang πŸ˜…

------

Overall itu saja gengs yg mau ku update. Terhitung sejak pertengahan 2017, udah mau 3 tahun aku behelan. Aku sih santaii biasa aja. Udah mulai terbiasa juga makan bubur tiap abis kontrol karena ngilunya.

Jadi gais intinya kalo mau pake behel itu kudu mesti wajib sabar. Kontrol teratur, rajin sikat gigi, sabar karena tiap abis kontrol pasti susah makan, makanan gampang nyangkut, dst dst.

Tapi hasilnya pasti juga akan setimpal kok! Jujur ajaa aku jauh lebih percaya diri dengan senyum pepsodentku yg sekarang dibanding ketika susunan gigiku masih belum oke seperti dulu. Pokoknya sampai gigiku berpisah dari pagarnya, aku berkomitmen tuk terus merawat gigi dan kontrol yg bener (aamiin).

Sekian dulu yaa updatean buat sekarang. Share artikel ini ke orang2 yg butuh info behel di sekitar kalian. Jan lupa kalo mau nanya2 boleh kontak ke DM atau komen di bawah yaa. Insya Allah ku akan lebih rajin update lagi.

Arigatou gozaimas thankyou haturnuhun πŸ™πŸ™πŸ™
.
.
.

#UPDATE KEDUA
-
UPDATE GIGI SEKARANG
(Diupdate 6 Mei 2018)

Perubahannya kerasa banget tapi gak terlalu signifikan (terutama rahang atas). Sebabnya adalah, karena :

1. Tidak sejak awal dilakukan pencabutan gigi graham untuk memberi ruang pada dua gigi dibelakang.
Sekarang, gue udah melakukan pencabutan gigi graham kecil (sebelahnya gigi taring) dan gigi taring gue sebelah kiri sudah banyak bergeser ke belakang untuk ngasih ruang ke dua gigi yang posisinya dibelakang. Next, ada satu gigi lagi yang bakal dicabut (graham kecil sebelah taring bagian kanan) -siap siap gabisa makan- .

2. Kontrol kurang teratur
Nah buat temen-temen yang mau behel, pastikan kalian bisa menyisihkan waktu untuk kontrol teratur (3minggu sekali). Jangan kayak guee yaa :'')
Awal-awal gue rajin kontrol tepat waktu 3 minggu, tapi karena sulitnya cari waktu buat izin kantor, terlebih lagi harus cabut gigi, jadwal kontrol gue jadi terbengkalai bahkan sekarang udah lewat kontrol sebulan lebih. Cabut gigi dan kontrol itu harus di 2 hari yang berbeda kan. That's why.
Jadwal kontrol RSKGM yang tidak fleksibel bagi orang kantor kayak gue cukup menguji untuk pintar-pintar bagi waktu dan minta izin bos :'D

Ohya, kalo kita jarang kontrol atau kontrolnya ga teratur, gigi kita bisa jadi bergeser ke posisi yang diluar rencana perawatan dokter. Contohnya lihatlah gigi seri gue jadi miring gitu posisinya, miring-miring gapenting huhu. I need to go to my doc asappp!!!

Trus juga, jarang kontrol bikin waktu perawatanmu semakin lamaaa! Bisa jadi harusnya waktu perawatan cuma 2 tahun malah jadi 2,5 tahun atau bahkan 3 tahun! Nah, tu biaya yang lo keluarin untuk kontrol pasti makin banyak jugaakk kaann!! Pastinya males dong kalo harus pake behel berlama-lama. Jadi mari kita kontrol, Sarah! *ngomong sendiri*



Ohya,ini ada info-info tambahan lainnya terkait behel di RSKGM :

-jadwal kontrol weekday (Senin-Jumat) disarankan datang sebelum jam 6 pagi supaya jam 9 bisa selesai.
Hari Sabtu kuota pasien dibatasi, Minggu dan tanggal merah lainnya tutup

-pemasangan behel di RSKGM udah sepaket atas bawah, udah aku tanyain juga. Disana gabisa pasang untuk 1 rahang doang. 

-pasang behel di RSKGM harus dari nol. Jadi gakbisa lanjutan dari luar kota. Kalaupun mau pindah ke RSKGM, harus dicopot dulu behel yang udah kepasang di dokter kamu yang sebelumnya.

-kalo ada yang mau nanya hal lainnya ditunggu komennya dibawah yaa, aku usahain secepatnya aku jawab atau kalo ada yang aku gaktau aku bakal bantu tanyain ke RSKGM-nya pas aku kontrol.

#CERITA LENGKAPNYA
(Ditulis 28 Juli 2017)


          Behel. Udah dari tahun 2013 si pengen dibehel. BUKAN BUAT GAYA SUMPAH. Tapi susunan gigi gue emang tidak lurus dan rapi yang mana membuat gue tidak percaya diri untuk berfoto sambil nyengir, hehee. Alhasil kalo foto, gue selalu senyum kecil karena ketidak-PD-an ini.

          BTW gue harus bilang proses menuju gue bisa dibehel itu gak sebentar. Seperti yang gue bilang tadi, dari tahun 2013 udah kepengen, tapi baru tahun ini kesampean. Gue nabung dari hasil kerjaan buat ini behel, kira kira 4 bulanan, dan sejak itulah, proses perubahan gigi gue dimulai.

         Berawal dari search kesana kemari tentang tempat behel yang bagus dan berkualitas, gue agak susah nemuin yang murah. Ada yang murah, di ahli gigi pinggir jalan. Gakmau gue yang ngasal ngasal, taruhannya gigi soalnya. Aset dari Tuhan, nggak bisa sembarangan. Gue sempet cari behel buat rahang atas doang, saking kepengen buru buru benerin ini susunan gigi. Ternyata dari yang gue baca, behel itu baiknya langsung rahang atas bawah supaya.. supaya apa ya.. gue lupa, ehehe. Pokoknya biar lancar bagus dan memuaskan deh.

          Setelah surfing di mbah google, gue memutuskan untuk behel di RSKGM Bandung saja, karena selain dokternya asli (spesialis orthodonti, ada gelarnya Sp. Ort.), biayanya ga semahal rumah sakit atau klinik swasta. Cuma ya ga enaknya Anda harus sabar-sabarin diri buat ngantri setiap kontrol. Jam 6 subuh harus siap standby yah, kalo gak, siap-siap antri ampe siang bahkan sore atau bahkan pulang lagi karena antrian habis. :)


          Okelah langsung saja ke prosesnya. Jadi awalnya, gue datang ke Rumah Sakit Khusus Gigi dan Mulut di Jl Riau Bandung hari Sabtu pagi. Gue daftar sebagai pasien baru dan mengutarakan niat kedatangan gue adalah untuk pasang behel. Pertama gue dikasih tiket antrian yang tertulis huruf A xxx, lalu gue daftar pasien baru, ditensi darah pula. Abis dipanggil di antrian pertama, gue ngasih berkas pendaftaran dan dikasih tiket antrian baru dan diarahkan untuk ke lantai 3, menunggu di depan ruang dokter orthodonti.


ruang tunggu di lantai 3

          Gue menunggu kira kira 45 menitan di lantai 3 ini, kemudian nama gue dipanggil oleh seorang asisten dokter sepertinya, soalnya masih muda gitu. Gue masuk dan bilang kalo mau dibehel. Ibu dokter pun melihat isi mulut gue dan dengan ramah mengajak gue mengobrol. Setelah diperiksa, asisten dokter yang tadi manggil gue ngasih penjelasan hasil pemeriksaan. Katanya gue gakbisa langsung dibehel sekarang, harus nunggu kira kira 1-2 bulan. Nanti dari pihak rumah sakit ada yang menelpon untuk mengabari, karena banyaknya yang mau dibehel jadi antri sampe sebanyak ini.

Biaya yang dikeluarkan di hari pertama datang ke dokter :
Pendaftaran pasien baru : Rp 10.000,-
Pemeriksaan dokter gigi spesialis : Rp 20.000,-

          Gue pun dengan sabar mengiyakan sambil ngerencanain buat nambah tabungan. Takutnya kurang gitu kan. Lumayan lah dua bulan bisa nambah tabungan dulu, makan cireng dulu, makan ati ampela dulu, dan lain lain. :-)

                                                                             * * *
          DUA BULAN KEMUDIAN

          Setelah menunggu dengan sabar ternyata tidak ada yang menelpon diriku dari pihak rumah sakit. Padahal gue sebenernya udah gak sabar lagi pengen pasang pager gigi nih. Gue tanya temen gue yang sering berobat ke RSKGM, katanya jangan nunggu ditelepon karena gak bakal ditelepon, orang-orang sana pada sibuk. Langsung aja kesana, bilang udah ikut antrian 2 bulan. Oke, baiklah.

          Gue kembali ke RSKGM mengantri lagi seperti biasa dari subuh hari. Ini sama dah antriannya sama kantor imigrasi, jam 6 pagi aja udah rame banget orang. Kamu dateng kesini jam 8? Silakan menikmati antrian hingga nomor 200++!

          Mengulang proses yang pertama, gue antri di lantai 1, lalu ngasihin kartu berobat, dan antri di lantai 3. Gue dipanggil masuk dan dokternya gak nanya lagi, langsung meriksa. Gue pikir dia lupa kalau gue udah diperiksa waktu itu, ternyata ada rekam medis yang mencatat rekam jejak perawatan gue disini. Heheee gue baru tahu :). Lalu hari itu gue langsung dicetak gigi. Gak nyangka juga sih langsung cetak gigi gini, kirain masih nunggu nunggu lagi. Senang juga rasanya dicetak gigi dengan benda yang seperti mainan Play-Doh anak-anak, warnanya pink, aromanya mint, tapi gak ada rasa apa apa. Bu dokter mencetak gigiku, dan jadilah!

          Lalu di antara gigi geraham gue dipasangi karet biru yang entah apa namanya, yang katanya tujuannya supaya ada space antar gigi saat pemasangan behel nanti.

          *Awal awalnya biasa aja, kayak ada makanan nyempil gitu di gigi. Malemnya, besoknya, lusanya, berhari-hari, karet biru kecil ini sukses bikin gue ingin mencongkelnya karena bener bener bikin gue seakan udah lama punya sakit gigi, nyud nyudan. Linu. Dipake makan allahu akbar, jadi meningan gausah makan lah. Gue jadi sering megangin dua pipi gua, karena nyud nyudannya yang aduhai, bikin gue kepengin mencari tang untuk mencongkel karet biru imut yang ternyata kampret ini. T.T*

          Setelah pencetakan gigi gue diberi antrian lagi oleh asisten dokter untuk mengantri di lantai 1 depan ruang Radiologi untuk proses rontgen. Wow. Cepet juga yak. Gue kira rontgen nya harus di Lab Pramita seperti yang sudah diceritakan orang-orang. Ternyata RSKGM udah ada Radiologi sendiri (apa gue yang baru tahu?).

          Gue mengantri, lagi. Lama banget asli, lebih lama dari antri pertama dan kedua. Ada sejaman gue nunggu sampe nama gue dipanggil untuk masuk ke Radiologi. Saat nama gue dipanggil gue pun masuk kemudian diminta untuk melepas jaket, perhiasan dan jam tangan. Kerudung gue diminta diselipin ke telinga gitu, jadi biar telinganya keliatan aja. Model ninja gitu lah. Prosesnya, muka gue ditempelin ke alat rontgen gitu, dengan dagu yang diposisikan sedemikian rupa, dan gigi gue gaboleh terlalu ngigit rapet ga boleh terlalu mangap. Ribet dah waktu itu, malah gue pengen ketawa karena posisi gue yang gak banget. Kalau gue ketawa, hancur ni rontgen. Wkwkwkw.

          Gue melihat ke satu titik di depan gue, posisi wajah dan gigi gue gaboleh berubah, si petugas radiologi pergi ke ruang sebelah untuk menyalakan mesin ini. Gue berdiri dengan posisi awkward selama beberapa menit. Untung gak ada siapa siapa di itu ruang radiologi. Kalau ada orang kayaknya gue gabisa nahan ketawa.

          Akhirnya proses rontgen Chepalometri dan Panoramic ini selesai. Gue diperbolehkan pulang untuk selanjutnya datang lagi minggu depan untuk pemasangan bracket, yeaaay!

ini kondisi gigi gue sebelum pasang. Ngeri ye

Biaya pada kedatangan kedua :
Pemeriksaan dokter gigi spesialis : Rp 20.000,-
Pencetakan gigi : Rp 85.000,-
Rontgen Chepalometri dan Panoramic : Rp 200.000,-

                                                                                  * * *
          MINGGU BERIKUTNYA.

          Datanglah hari dimana hari pemasangan bracket, yeay! gue gak sabar banget ingin mengetahui akan seperti apa wajah gue setelah dipasang behel Beti Lafea ini. Seperti biasa, datang subuh, antri di lantai 1 sambil nonton sinetron Turki yang ditayangin Tv*ne di tv ruang tunggu RSKGM ini. Lalu dipanggil, dan tunggu di lantai 3. Gue dapat antrian nomor 1 untuk dokter ortho! Nunggu setengah jaman, dipanggilah gue!


          Gue langsung diminta berkumur dan dilihat-lihat lagi isi mulutnya.

         Sebelum pasang bracket bracketnya, gigi gue di scaling (<<kirakira begini nulisnya). Pokoknya dibersihin gitu pake alat yang ujungnya muter cepet, rasanya pahit pahit gitu, tapi gak sakit. Dibersihin karang-karang giginya, lalu berkumur lagi. Ohya, si karet biru juga dicopot, lega banget rasanya, kayak kesakitan gue seminggu ke belakang hilang seketika.

         Terus gigi gue ditempeli lem-lem bening satu persatu, dan dipasangkan bracket bracket mini yang akan menemani gigi gue beberapa tahun ke depan. Pemasangannya kira kira satu jam. Dokternya hati hati banget. Pas masang di gigi rahang bawah depan, diteken gitu. Ada sakitnya, tapi gak lebay juga. Sakit biasa aja. Ohya mulut gue mangap ampir sejam pake alat yang buat bikin mulut lo kebuka gitu deh, tau kan. Gigi gue dan gusi gue terekspos abis karena alat itu.

          Setelah beres nempelin bracket, dokter masang kawat. Pas bu dokter masang rahang bawah bagian depan, beliau mengeluhkan gigi gue berantakan banget. Hehee iya dok mangkanya Sarah pengen benerin nih biar lurus kayak giginya Marquez :-D

          Lalu bu dokter meminta gue untuk memilih warna karet yang gue mau. Karena masih malu malu dan gak mau terlalu menonjol, gue pilih bening aja. Selesailah pemasangannya. FYI, gue gak melalui pencabutan gigi, karena kata bu dokter, mau dicoba dulu tanpa pencabutan, nanti kalau sudah ada pergeseran, akan ada yang dicabut. Seneng sih, karena gue belum siap ompong.

          Pas alat penahan mulut gue dilepas, gue pertama kali mencoba menutup mulut gue. Penuh gini mulut gue haha aneh rasanya. Lalu gue diminta untuk tidak makan apa apa selama satu jam (mana bakal makan orang lagi puasa (gue pasang di bulan Ramadhan)), dan diminta untuk tidak makan yang keras keras. Lalu gue dikasih kertas untuk pembayaran ke kasir dan sebelumnya asisten dokter cowok yang kece memberi tahu gue bagaimana cara menyikat gigi yang benar dengan sikat gigi khusus. Gue juga dikasih kertas pedoman *ceilaaa pedoman* untuk menjaga perawatan behel gue ini.

          Gue pun ke lantai bawah untuk melakukan pembayaran, lalu ke apotek untuk beli sikat gigi khusus dan sikat mini pembersih sela sela gigi yang disarankan dokter. Gue beli satu sikat gigi orthodontic oral B yang buat sehari hari, sikat gigi orthodonti yang buat travel, dan sikat mini satu pack. Totalnya 100rb lebih. Mahal cuy T_T

Biaya pada kedatangan ketiga :
Pemeriksaan dokter gigi spesialis : Rp 20.000,-
Alat Orthodonti cekat dua rahang + pemasangan : Rp 3.955.000.-
Sikat gigi Orthodonti Oral B + Sikat gigi ortho travel + 1 travel pack sikat mini : Rp -+ 100.000,-

            Itulah serangkaian proses dan biaya yang sudah gue lalui dalam pemasangan behel ini. Dokter bilang, perawatan ini akan berlangsung 2-3 tahun. Kontrol dilakukan 3 minggu sekali. Yeah akhirnya terwujud juga keinginanku Ya Allah. Semoga gigiku cepat rapi yaa, Aamiin :-)

setelah pasang

           Setelah pemasangan bracket, gue udah siapin diri untuk merasakan sakit di seluruh gigi seperti yang diceritain orang-orang yang sudah pernah pasang behel di internet. Bahkan gue udah siapin bubur buat sahur dan berbuka (kebetulan pas bulan Ramadhan). Tapi ternyata, yang gue rasakan gak seheboh yang orang orang ceritain deh. Malah kayaknya lebih sakit pake karet biru kecil yang dulu itu. Emang sih antara gigi rahang atas dan rahang bawah kalau bersentuhan tuh.. linu bangaatt. Tapi gue masih bisa ngomong dengan lancar kok, asal gigi gue gak bersentuhan aja (kebayang kayak gimana? mangap mangap :D). Linu linu ada kerasa dikit, tapi gak begitu mengganggu ke guenya. Kira-kira 3 harian gue makan bubur. Hari keempat udah bisa makan mie, bisa ngigit itu luar biasa senang. Senang banget bisa makan enak lagi. Bubur kan kurang menggairahkan. Tapi baru makan selain bubur, telur dadar doang, bracket copot satu. Pas makan bubur pun bracket copot juga. Jadi dua udah copot. Gue search kalau bracket copot harus digimanain, kata orang-orang diemin aja sampe kontrol lagi, asal jangan hilang bracket yang copotnya, soalnya bisa bayar seharga satu rahang. Kaget gue, satu rahang berapaaaa?! Akhirnya gue simpan baik baik bracket yang copot sebaik gue menyimpan Marc Marquez dalam hati gue :-))))))))

          Selain masalah bracket copot, gua gak nyaman banget sama penyangga behel yang dipasang di gigi graham bawah, Sekeliling gigi dikelilingi besi behel. Gak enak banget cuy. Ngeganggu ke lidah. Jadi panas dalam. Belum lagi kawat yang manjangin, dan mencuat di ujung. Ngegores ke dinding gusi, panas dalam lagi. Ga enak banget. Gua sampe beli ortho wax untuk meredam kawat yang mencuat ini, dan bahkan mau motong ujung kawat ini pake gunting kuku saking gregetnya. Tapi gakjadi, because u kno what? Abis gua beli ortho wax, dalam dua hari ni kawat mencuat gak bikin sakit lagi. Gak ngelukain gusi lagi. Gak berguna lah ortho wax gua. Haihhh ada ada aja nih behel :')

                                                                               * * *
          Kontrol pertama.

          Gue langsung diminta memilih warna karet. Kupilih pink keunguan! Biar agak mentereng dikit :D Lalu dokter bertanya ada yang copot ga, gue bilang ada.

          "Wah makannya hati hati ya, rendang dimakan cireng cireng dimakan kamu mah :D" gitu kata dokternya.

          Gue cengengesan, emang iya sih, saking kesalnya makan bubur doang hampir seminggu, pas gigi udah ga linu lagi, gue makan semuanya semau gue sampe kursi pun gue makan :-)

          Bracket yang copot gue kembalikan ke dokter dan diganti yang baru. Bayar lagi, berapa ya, 40rban kira kira satu bracket yang copotnya. Dilem lagi, dilaser lagi sambil disuruh merem. Beres deh. Balik kontrol? Copot lagi! dua minggu kemudian, dua bracket copot lagi! 5 hari sebelum kontrol ketiga, bracket di gigi seri kanan, copot pula! Padahal cuma gagara sikat gigi kekencengan doang, hehehee :') Alhasil gua harus bayar lagi bayar lagi. Shit :(

         Jadi buat biaya kontrol Rp 50.000,-. Kalau ada bracket copot, nambah lagi diluar 50rb itu. Udah dua kali kontrol, gua udah keluar 260rb gara gara copot copot mulu :') Semoga, ga ada kata bracket copot-copot lagi ya. Aamiin.

         Oke sekian dulu cerita behel kali ini. Nanti gue akan posting foto perubahan gue secara berkala supaya kelihatan progress perawatan di RSKGM ini kayak gimana. Ciao everybody! :-)


Btw ini total yang aku bayar dari pertama datang sampai behel terpasang (Waktu pemasangan Juni 2017)

- Pendaftaran pasien baru : Rp 10.000,-
- Pemeriksaan dokter gigi spesialis (3x) : Rp 20.000,- x 3 = Rp 60.000,-
- Pencetakan gigi : Rp 85.000,-
- Rontgen Chepalometri dan Panoramic : Rp 200.000,-
- Alat Orthodonti cekat dua rahang + pemasangan : Rp 3.955.000.-
TOTAL = 4.310.000,-

Biaya tambahan lainnya:
- Sikat gigi Orthodonti Oral B + Sikat gigi ortho travel + 1 travel pack sikat mini : Rp -+ 100.000,- (ini opsional)
- Biaya per kontrol: Pemeriksaan dokter gigi spesialis (Rp 20.000) + Kontrol Aktivir (Rp.50.000) = Rp 70.000,- (update terakhir Juni 2018)

227 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya seriuss :') jadi sebelum buka tuh udah bisa ambil antrian. Kita ambil antrian dulu, terus tunggu buka

      Hapus
    2. Iya bener. Senin kemarin gua nyoba kesana. Dateng dari jam 5.10 udah urutan 32 :D
      Btw.. Kemarin pasang behel waiting list 2-3 bulan. Lama banget ya. Hahaha
      Langsung dateng aja ya kalau gak ada panggilan?

      Hapus
    3. Iyaps langsung dateng aja kalo udah 2 bulan ga dipanggil-panggil juga :)

      Hapus
  2. kalo cuma pasang 1 rahang kira kira bisa ga ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haiii, maaf baru balas yaa. Aku juga belum tau bisa 1 rahang atau engga. Tapi nanti aku tanyain dulu ya ke rskgm nya. Nanti aku update jugaa disini :)

      Hapus
    2. Ijin balas,kata dr ga bisa .Kalopun ada yg pasang rahang atas/bawahnya aja berarti itu di tukang gigi, bukan drg. Soalnya aku pagi tadi ke RSKGM .

      Hapus
    3. okee makasih yaa infonya kak :)

      Hapus
    4. Ka aulia update harga donk kalo skrg pasang behel msh sama kah harganya?

      Hapus
  3. ka serius harga pemasangannya segitu? aku kira bakal lebih dari 6 juta :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haloo, maaf baru balas yaa :)
      Iya segitu aja kok kak, terhitung murah mungkin karna aku pasangnya di rumah sakit negeri. Klau di swasta atau klinik sangat mungkin bisa sampe 6 juta ke atas kak.
      Cuma ga enaknya di rs negeri itu waktu kontrolnya sngat gak flesibel :')

      Hapus
    2. Ngga bisa atur jadwal kunjungan ya? Pilih weekend gitu, kan kalo hari kerja susah juga yg dr luar kota hehe

      Hapus
    3. Jadwal kontrol pasti selalu dijadwalkan di weekdays karna harus ditangani dokter yg sama. Kecuali pasien baru, bisa datang hari Sabtu.

      Hapus
    4. Wah baru ngeh kalo dibalas. Sayang sekali sudah berbulan-bulan ingin pasang tapi kalo weekdays gabakalan bisa kontrol nih :((

      Hapus
  4. Itu harga pemasangan behelnya udh pasti segitu atw trgantung kondisi gigi ? Trs kalo misalnya kontrolnya d t4 lain bs g y??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bantu jawab ya. Kebetulan sy baru pasang behel di RSKGM.
      Harga terakhir, 3,995jt utk 2 rahang. Atas bawah. Gak melihat kondisi gigi.
      Utk kontrol pasti harus ke rskgm lagi dan harus dgn dokter yg sama.
      Karna setau sy, perawatan ortho itu harus ditangani oleh dokter yg sama dari awal sampai akhir perawaratan. Gak bisa sembarangan ganti dokter.

      Hapus
    2. *ralat 3,955juta + dokter 20ribu. Jadi 3,975juta. Belum termasuk biaya2 sebelum pasang behel

      Hapus
  5. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku belum kontrol lagi, tapi nanti aku tanyain soal ini yaa. Ntar aku update juga disini :)

      Hapus
  6. Kalo asal domisili bukan dari bandung, bisa gak y pasang behel disitu ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dan klo gigi gue bolong bisa gak y dipasang behel? Trus boleh nyicil gak bayarnya hahahaha. Maklum anak kossan.
      Mohon balasannya teh. Thanks.

      Hapus
    2. Dan klo gigi gue bolong bisa gak y dipasang behel? Trus boleh nyicil gak bayarnya hahahaha. Maklum anak kossan.
      Mohon balasannya teh. Thanks.

      Hapus
    3. Bantu jawab ya.. Boleh kok, sya juga bukan asli bdg .Tpi ttep kontrol tiap bulannya harus ke RSKGM itu aja, dgn drg yg sama. Paling klo bolong nnti di tambal dlu, dan pembayaran ga bisa nyicil setau aku .Bayar langsung ke kassa/kassirnya.

      Hapus
    4. iya betul, bisa banget dari luar Bandung. Bayarnya gabisa nyicil, aku juga nabung dulu :')
      biasanya sebelum behel diperiksa dlu, kalo ada bolong bisa disuruh tambal atau cabut. Tergantung kondisi bolongnya juga kak.

      Hapus
  7. Hai kak mau tanya dunx itu hrga tahun kapan ?? Kira2 tahun skrg brp ya kak ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu harga bulan Ramadhan 2017. Kayaknya harga sekarang masih sama kok kak.

      Hapus
  8. Mbak, update dong, kondisi gigi sekarang :)) Thank you

    BalasHapus
  9. Berarti kurang lebih pasang behel nya doang 4jt ya?? Kontrol perbulannya berapa? Kalau rahang atasnya doang bisa ga sih?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    2. Iya, pasang behelnya aja itu 4jutaan, sama rontgen, cetak gigi, kurang lebih 4,3jtaan.

      Kontrol perbulan 50.000 + dokter spesialis 20.000 jadi tiap kontrol keluar 70rb.

      Gabisa pasang 1 rahang, udah sepaket rahang atas+bawah

      Hapus
  10. Ka aku sblm udh udh di behel, udh sedikit rapih tp masih maju, apa bisa ikut control di sana? Atau gabisa?:( soalnya udh lama ga ke dr yg aku pasang udh jd anak rantau.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sekarang behelnya masih dipake atau udah dilepas tapi posisinya belum terlalu rapi?

      Kalo masih dipake, setau aku kontrolnya harus sama dokter dimana kita pasang, kalaupun mau pindah dokter (entah bisa atau engga), harusnya dikonsultasikan dlu dengan dokter yg sblmnya.

      Kalo skrg behelnya udah dilepas tp belum terlalu rapi, kayanya si pasang ulang atau mungkin pakai retainer (kurang terlalu paham sebnrnya soal retainer tp temenku ada yg maju dikit setelah behel dilepas lalu dia pake retainer aja). Tapi kalo majunya parah kayanya musti pasang ulang kak

      Hapus
    2. Bantu jawab, kalo udah pasang di dokter lain tdk bisa lanjut di rskgm, kalo mau orthonya di copot dulu trs konsultasi dr awal lg sm drg sp ort di rskgm

      Hapus
  11. Izin komen ka.... jadi totalan berapa pasang behel disana? Nuhjn

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bantu jawab...

      - Visit pertama 20.000
      - cetak gigi+periksa dokter 85.000+20.000
      - scalling root planning 247.500
      - rontgen cephalometri+panoramic 200.000
      - pasang orthodontic separators 20.000
      - behel 2 rahang 3.975.000
      Total Rp. 4.567.500 (harga per Maret-April 2018)

      Hapus
    2. Makasih @iban udah bantu jawab sangat sangat membantu

      Hapus
  12. Ka, di rskgm jl riau itu masih bisa daftar untuk pasang behel gk ya? Soalnya kemarin ak ke rskgm unpad yg d jl. Sekeloa udh penuh dan udh g nerima pasien lg krna antriannya yg panjang heuu,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bantu jawab...
      Dicoba aja datang untuk daftar. Yang pasti bakal waiting list.
      Saya kemarin nunggu 3 bulan.

      Hapus
    2. Ka itu udah pasti waiting list ? Terus kalo biaya awal daftar berapa ka ?

      Hapus
    3. Pasti waiting list. Karna peminat banyak dan pasien ada kuota nya.
      Awal datang cuma bayar pendaftaran 10.000+konsul dokter ortho 20.000 aja

      Hapus
    4. Makasi ka, infonya sangat membantu

      Hapus
  13. Wkwkwkwk. Sepanjang baca tulisan ini ada bbrp kalimat yg buat gw ngakak. Kyk ngelawak xD
    Makasih ya udah share pengalaman pasang behelnya. Tapi tapi btw aku juga kerja nich jadi susah ya kalo misalnya mau kontrol? Tp belum behel juga sih. wkwkwk tabungan belum sampe uang yg dibutuhkan untuk behel.

    Oh iya, kan biasanya itu dokternya punya klinik ya? apa gak bisa gt datang ke kliniknya kalo hari sabtu minggu? biar ga izin terus dari kantor.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaa terimakasih juga udah bacaa :D
      iya ribet juga nih buat yang kantoran. Kalau kamu masuk kerjanya jam 9-10an sih ga masalah, asal datengnya nyubuh aja. Tapi kalau sebelum jam segitu, ya harus banyak izin sibos deh :((

      Nah kalo dokter RSKGM gaktau buka klinik sendiri apa engga, itu belum aku dapet infonya. Sabtu bisa, tapi tetep pagi, harus janjian dulu. Lobi lobi aja si dokternya kasih tau aja kalo kamu bisa kontrol hari Sabtu doang :)

      Hapus
  14. Ka kalo biaya pasang behel untuk sekarang (Mei 2018) berapa ya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Per mei 2018 masih sama harganya.

      Hapus
  15. Pasti waiting list. Karna peminat banyak dan pasien ada kuota nya.
    Awal datang cuma bayar pendaftaran 10.000+konsul dokter ortho 20.000 aja.

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih ya iban banyak membantukuu ehehee :) share juga dong pengalaman kamu kalau mungkin ada tulisannya :)

      Hapus
    2. Thankyou ya kak info-infonya, kebetulan RSKGM deket sama rumah. dan aku bener2 buta akan info ini. setelah baca ini dapatlah pencerahan yg sangat-sangat membantu. btw sebelumnya kak aku mau nanya dong jadi gini, gigi aku itu udah rapih rata tapi tuh masih ada yg renggang-renggang gtu deh jadi klo mau makan pasti suka ada yg nyelip dan itu sangat menganggu wkwk. banyak yg recommend harus pake kawat perapih gtu deh gapaham, apa harus pake behel sih.

      Hapus
  16. Hehehe... Aku gak nge-blog sarah. Sorry ya jadi nimbrung di post kamu :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. ehh ngga papaa, aku seneng malahh :) kapan2 kontrol bareng yuu ahaha :))

      Hapus
    2. btw, kak sarah dan iban aku jadi penasaran. kalo pasang behel gigiku berhasil mau ingin ikut nimbrung kontrol bareng dong haha. ohiya aku ngingetin nama iban kaya nama idola aku a iban:(

      Hapus
    3. @wantastic ayooo kita ramein RSKGM huahahaha :D

      Hapus
    4. Ayok... Kita ngantri bareng subuh2 buat kontrol biar seru. Hahaha

      Hapus
  17. mbak beli ortho wax nya dimana mbak?? trimss mbk

    BalasHapus
  18. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  19. Klo dri luar bandung hrus pake rujukan apa enggk?? Mohon infonya

    BalasHapus
    Balasan
    1. engga, langsung aja kak. Daftar sebagai pasien baru.

      Hapus
  20. Mba, kalau saya sudah pake behel di luar kota, mau lanjut di RSKGM ini bisa gak ya? Mohon info biayanya mba karena kalau di swasta harganya lumayan huhu

    BalasHapus
    Balasan
    1. kurang tahu mbak kalau lanjutan dari dokter lain, nanti saya coba bantu tanyakan ya. Untuk biayanya seperti yang sudah saya cantumkan diatas, masih sama kok.

      Hapus
    2. Halo mbak, udah aku bantu tanyain ke RSKGMnya. Gakbisa mbak kalau lanjut dari luar kota, harus dari nol di RSKGM. Paling kalau mau pindah behel yang sebelumnya dicopot dulu mbak

      Hapus
  21. Mohon info dong, kalo sebelumnya pasang behel d dokter lain trs mau pindah ke rskgm itu pasti di retouch lg kan? Nah biaya untuk copot behel sebelumnya kira2 brp? Mohon tanyakan ya, soalnya aku ingin pindah karena d dokter ini aku mgerasa gigi aku gada perubahan lg setelah 7 bln pake, padahal ini udh 1,5 thn.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oke nanti aku tanyain ya. Aku kontrol lagi abis lebaran :)

      Hapus
    2. Halo Rezky, udah aku tanyakan ke RSKGMnya. Kalau mau pindah ke RSKGM, dicopotnya harus di dokter sebelumnya.

      Hapus
  22. Kaa post perubahan giginya dong yang skrg

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu yg paling bawah update posisi gigi terbary aku, sekarang posisinya masih sama seperti di foto itu hehehe. Kalau ada perubahan yang signifikan aku perbarui lagi artikelnya. Terimakasih sudah baca! :)

      Hapus
  23. Hai Sarah, informasinya sangat membantu dan gaya penulisan nya juga lucu.
    by the way, boleh minta tolong ditanyakan ke RSKGM nya, berapa pasang behel damon?
    thanks ya sebelumnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih sudah baca! :D
      Oke nanti aku tanyakan ya. Kalau sudah ada informasinya aku update lagi disini :)

      Hapus
    2. Halo Anonim, udah aku bantu tanyain ke RSKGMnya, disana gak ada behel damon. Paling behel yang biasa aja :)

      Hapus
    3. oke kak, makasih banyak ya udah ditanyain ke RSKGM nya

      Hapus
  24. Kak, nanti update lagi dong soal harga pasang behel kira2 bulan juni berapa? Soalnya aku mau pake tapi masih was2 harganya takut naiknya jauh huhuhu T.T

    BalasHapus
    Balasan
    1. kak @Fazrianti udah bantu jawab kak di komen dibawah, sekarang harganya 5,5jt. Btw naiknya lumayan juga ya :')
      Kalau kaka mau pastiin lagi kaka kesana dulu aja daftar waiting list, diperiksa awal dulu. Nanti bisa tanya2 lebih detail soal perawatan dan harganya. Jadi atau engganya bebas kok kak, tapi kalau udah daftar waiting list tenang jadinya, tinggal nambah2 tabungan aja :')

      Hapus
  25. Kak, untuk bulan juni harganya berapa ya pasang behel? Trus itu rskgm jl riau yg deket apa ya kak patokannya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kak @Fazrianti udah bantu jawab kak di komen dibawah, sekarang harganya 5,5jt :-)

      sebelum jl. Merdeka kak, deket RS Limijati. Bisa search di Google Maps "RSKGM Bandung", kanan jalan :)

      Hapus
  26. Hallo kak, ikut update ya :D April bulan lalu saya daftar utk waiting list disana, dikasih tau sm perawatnya kalo harga orthonya 5,5 jt. Kata temen yg kerja disana sih emg ada kenaikan harga per 1 Mei 2018 :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo juga kak Fazrianti, ternyata lumayan banyak juga naiknya :')
      Terimakasih banyak untuk update-annya ya!

      Hapus
    2. 5.5 jt cuma buat pemasangan behelnya aja? Atau udah total sama foto panoramik dll nya?

      Hapus
  27. Ka serbasarah terimkasih tulisan mu ini sangat membantu☺ .saya pagi tadi baru daftar dan iya bakal ada kenaikan harga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih juga ya sudah baca! :)
      Terimakasih juga untuk update infonya :)
      Okee ntar kabar kabari ya kalau udah mulai perawatan. Kita kontrol bareng :)

      Hapus
    2. Dapet giliran tunggu berapa lama kak katanya?

      Hapus
    3. Waiting list 2 bulan ..udah gak sabarrr haha ..tapi kalo maksain dateng sebelum jadwal..takut nya ga bisa..soalnya kalo ga salah di kasih tau ada kuota untuk yang ingin masang behel di tiap bulan nya..sabar dan tetap semangat aja ya manteman ☺...buat yang belum daftar, ingat kata bang napi ya manteman "segeralah-segeralah" hehe

      Hapus
    4. di luar pemasangan behel, bisa pakai bpjs ga ya? kaya scaling dll? terima kasih

      Hapus
    5. Gabisa, bpjs itu hanya menanggung cabut gigi, konsultasi, pokoknya yg tidak berat2 sepertu pasang behel

      Hapus
  28. Kak gabisa pasang rahang atas aja?

    BalasHapus
    Balasan
    1. tidak bisa kak, sudah sepaket atas bawah. Kalau mau atasnya aja, sepertinya bayarnya tetep sama seperti harga pasang atas bawah

      Hapus
  29. Ka 5.5jt itu baru untuk pasangnya aja ya? Klo kontrol dll biayanya tetap atau naik juga ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bantu jawab... Barusan sy habis kontrol, harga nya masih sama 70ribu tp ada info dari asisten dokter bbrp waktu lalu kemungkinan bakal naik 50ribu jadi 120ribu.
      Tapi sampe sekarang belum ada kenaikan

      Hapus
  30. Kalo sebenernya disuruh untuk tunggu 1-2bulan,,tpi saya sudah datang seminggu kemudian diterima ga yah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kurang tahu kak, soalnya sebenernya pas kita dateng lagi juga gak ditanya kok udah nunggu berapa lama. Cuma kayaknya kalo jarak seminggu kecepetan kak, dokternya kayaknya juga bakalan inget. Baru seminggu yang lalu periksa udah dateng lagi, hehehe

      kalo boleh saran mending paling cepet 1bulan kemudian aja kak baru datang lagi

      Hapus
  31. Baru aja tadi aku dateng ke RSGM Unpad, dan dapet antrian ke 194. Kemungkinan baru bisa tindakan pasang behelnya sebelum lebaran tahun depan. Lama banget. Jadi pengen coba ke RSKGM Riau. Kali aja antriannya ga sampe setahun banget :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ka fela klo d rsgm unpad biaya nya brp?msh 3,6 juta ga? Btw emg kuotanya perbulan brp pasien ya?

      Hapus
  32. Di rsgm unpad biayanya berapaa ka?

    BalasHapus
  33. Kak mau minta kontak yg suka ngaturin jadwal dong. Hpnya baru jadi nomor rskgm ilang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Info jadwal ortho RSKGM : 0813-2157-8420

      Hapus
  34. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  35. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  36. Pemasangan behel utk wanita hamil..aman kah?

    BalasHapus
  37. Pemasangan behel utk wanita hamil..aman kah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kurang tahu kak, coba datang dulu aja buat periksa + konsultasi

      Hapus
  38. Kak, datang buat daftarnya itu bener bener bener bener harus banget nyubuh yah kak? Gabisa jam 7an gitu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa aja. Cuma nanti dapet antrian daftarnya bisa nomor puluhan. Makin lama daftar, makin lama diperiksa dokter.

      Hapus
  39. Ini penggunaan behel totalnya berapa lama (berapa tahun)?

    BalasHapus
    Balasan
    1. tergantung kondisi gigi masing2 kak, paling cepet sepertinya 2 tahun (saya dikasih tahu bu dokternya gitu sih)

      Hapus
    2. 2 tahun ya kak sarah,ka sarah kan dari 2017 pengen liat dong perubahan nya☺

      Hapus
    3. Haiii maaf baru reply
      sekarang kondisi gigi aku masih sama seperti di foto yang terakhir aku update, cuma gigi serinya udah gak miring lagi. Sebentar lagi aku update foto gigi terbaru ya :)

      Terimakasih sudah baca! :)

      Hapus
  40. Ka biaya dibehel 5.5jt nya udah berlaku kah?

    BalasHapus
  41. Kalau gigi geraham kecilnya bolong itu bisa di cabut juga?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haloo, maaf banget baru bales yaa

      Setahu aku kalau mau behel kondisi gigi harus dalam keadaan sehat :) Jadi kalau ada gigi bolong atau bermasalah lainnya biasanya sebelum behel diurus dulu (bisa disuruh dicabut/ditambal tergantung kata dokter).

      Terimakasih sudah baca! :)

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    3. Gapapa kak :)
      Kan untuk pemasangan behel itu butuh waktu tunggu selama 1 - 2 bulan ya, kalau untuk proses penambalan dan rontgen dilakukan nya kapan kak?

      Hapus
    4. rontgen seminggu sebelum pemasangan behel. Jadi setelah nunggu 1-2 bulan itu kak. Kalau penambalan maaf aku kurang tahu, soalnya aku gak ditambal dulu kak

      Hapus
    5. Kalau nyampe ke sana sekitar jam setengah 7 an masih dapet nomor antrian ga ya πŸ˜…

      Hapus
    6. Terus kalau cabut gigi itu di dokter ortho nya atau harus ngantri lg di dokter lain kak?

      Hapus
  42. Kaaa, gimana hasilnya sekarang udh better kah? Sesuai yg dimaukah?
    Aku mau pasang nihh, tapi gigi aku ada yg bolong gitu, apa itu harus di rontgen juga?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haloo, maaf banget baru bales yaa

      sekarang kondisi gigi aku masih sama seperti foto yang terakhir aku update, cuma kondisi gigi seri udah gak miring lagi :D

      diperiksa dulu aja kak, belum sampai ke tahap rontgen kok. Biasanya kalau ada kondisi gigi yang gak sehat (bolong, dsb) sebelum behel disuruh diurus dulu (dicabut/ditambal/sesuai petunjuk dokter).

      Terimakasih sudah baca! :)

      Hapus
  43. Hai mbak sarah, aku abis konsul disana trs nanti dikabari kurleb 2-3blnan. Kalo pas bln ke 2 lgsg kesana gpp emang ya? Gabakal di interogasi dulu? Takutnya tar malah disuru balik lg krn blm 3bln dan blm dipanggil dr sananya. Jd menurutmu baiknya gmn ya? Hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo juga mbak Dea! maaf baru bales yaa T.T

      gapapa mbak, dateng aja. Gak akan diinterogasi kok. Kalau waktu itu aku disuruh nunggu 1-2 bulan, aku langsung dateng (tanpa ada panggilan apapun) setelah nunggu 2 bulan. Trus udah itu gak ditanya apa-apa langsung diurus deh :)

      kalau mau pasti aman dan menghindari kemungkinan disuruh balik lagi datangnya di batas waktu maksimal yang dijanjiin aja mbak. Misalnya kaya mbak yang katanya bakal dikabarin 2-3 bulan, ga dipanggil-panggil juga, di bulan ke 3 langsung dateng aja hehehe :)

      Oya terimakasih sudah baca ya! :)

      Hapus
    2. Beklah, makasi banyak infonya ya makasi juga uda mau jawab pertanyaanku & yang lain. Kalo bisa jangan berhenti sharing seputar behel ini ya mbak sarah, aku bakal setia baca hehe. Hv a nice day :)

      Hapus
    3. Oya btw mbak sarah ditangani ama dokter siapa namanya?

      Hapus
    4. Dokter gigi kita sama :D

      Hapus
  44. Di rskgm cuma bisa behel? Kalau kawat gigi bisa juga ngga ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo kak, aku nggaktau bedanya behel dan kawat gigi :(
      apa bedanya lepas pasang dan permanen mungkin ya?

      kalau iya, di RSKGM adanya yang permanen aja kak.
      Maaf kalo salah hehehe :)

      Hapus
  45. ka mau tanya , di rskgm gabisa langsung kah ? harus nunggu beberapa bulan dulu ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. nunggu dulu kak, 1-3 bulan kayaknya kalau sekarang :)

      Hapus
  46. say, kalo mau crown gigi brpa yaa biayanya disitu? bisa tolong tanyain ga? pingin pasang behel tp gigi depanku patah dan hrs di crown

    BalasHapus
    Balasan
    1. okee nanti aku bantu tanyain yaa :)
      atau kalau mau kontaknya langsung bisa DM aku aja ya ke @sarahnkhz

      Nanti aku kasih kontak RSKGMnya :)

      Hapus
    2. Halo kak, kalau crown gigi katanya harus ke bagian endodonti, jadi udah di luar orthodonti. Kalau kakak mau minta kontak endodontinya, coba aja minta ke WA ini (ini WA khusus orthodonti, tapi coba aja minta kesitu) >> 0813 2157 8420

      Hapus
  47. berat di konsultasi nya nih weekday soalnya nasib yg bekerja apalagi konsul nya di jam kerja

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya memangg aku juga harus izin kerja tiap mau kontrol :'(

      Hapus
  48. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  49. Apakah di RSGM bandung peralatannya steril?

    Denger2 HIV bisa menular dari peralatan medis yg kurang steril di klinik gigi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Insya Allah steril, apalagi Rumah Sakit Pemerintah, pasti bisa ada izin dan praktek karena sudah dicek sebelumnya mengenai masalah2 seperti itu.

      Beda lagi kalau Klinik Gigi pinggir jalan, izinnya kan gak jelas, dokter asli atau bukan juga gak tahu. Nah itu patut dipertanyakan

      Hapus
  50. Kalo awalnya dari RSKGM, terus dilanjutin ke dokter lain, bisa ga ya? Soalnya masih pindah pindah tempat tinggal

    BalasHapus
    Balasan
    1. tergantung rumah sakit/dokter yang selanjutnya kak. Ada yang nerima terusan ada yang harus dicopot dulu behel sebelumnya sebelum pasang di dokter/RS yang baru

      Hapus
  51. Sakit gak tuh kalau pasang behel? Temen saya pernah pasang behel di klinik Lady era ngilu katanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau behel jenis ini (yang saya pakai, tapi saya gak tahu namanya apa) memang ngilu2 kak, kan giginya bergeser. Kalau gak salah ada behel yang cepat rapinya dan gak terlalu menimbulkan ngilu dan nyeri, cuman saya lupa apa namanya. Tapi ya pasti bakal lebih mahal harganya :)

      Hapus
  52. Wah harganya naik banget ya dari 4jt sampe 5,5jt 😭
    Btw ka kalo misal ke rskgm nya dulu buat waiting list tapi tiba2 gajadi pasang behel boleh ga ya ka??

    BalasHapus
  53. Klo udah pake pake behel trs mau pindah kesana.itukN behel hatus dicopot dlu..yg nyopot behelnya dokter sebelumnya atau bisa dicopot di rskgm ?

    BalasHapus
  54. Update harga berapa ya kak untuk saat ini? Baca dri atas nge bantu banget.....pengen daftar

    BalasHapus
  55. Kalo misalkan 2bulan ga dipanhgil terus, gpp banget langsung dateng dan pasto diterima ? Soalnya takut tar nunggu dari subuh pas dipanggil malah ga bisa harus ttep nunggu dipanggil via telp

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya ngga papa, dengan catatan, datengnya di bulan yang paling maksimal udah dijanjiin. Misal kamu disuruh dateng 1-2 bulan lagi, trus ga ada telepon atau kontak apapun. Kamu dateng aja di bulan kedua, jangan di bulan kesatu ya ;)

      Hapus
  56. Ngakak baca nya tapi sangat berfaedah sekali kakak!!! Lanjutkan sharingnya.... Aku sukak!!!!

    BalasHapus
  57. ada kah saran di behel tapi kontrol weekend atau weekdays tapi sore/malam hari ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. paling di klinik atau rs swasta sepertinya kak

      Hapus
  58. Kak , update donk harga terbaru pasang behelnya skr brp ya ?
    Btw,thanks ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. 5.5 jt itu untuk Alat Orthodonti cekat dua rahang + pemasangan ka ?
      ku ingin sekaliii merapikan gigi

      Hapus
  59. Iyah kak update donk harga terbaru sekarang brp?

    BalasHapus
  60. Oia,sekalian tolong tanyain harga buat nge crown gigi depan brp ya ? Pergiginya...thanks ya kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yg lain di balas,koq aku di cuekin sih ka...

      Hapus
    2. hehee maaf yaa, kemarin baru aja aku tanyain soalnya. Kalau crown gigi katanya ngurusnya ke bagian endodonti. Atau kakak minta kontak endodonti aja ke WA ini >> 0813 2157 8420. Itu kontak orthodonti tapi kayaknya bisa kalau mau minta nomor bagian endodontinya. :)

      Hapus
    3. Oh oke ka...thanks yaaa...atas bantuannya...muach

      Hapus
  61. kak mau tanya, kalo behel cuma 1 tahun boleh ga? atau minimal 2 tahun?

    BalasHapus
    Balasan
    1. tergantung kondisi gigi kak, kalo aku kan berantakan banget, jadi butuh waktu lama. Tergantung juga pake behel jenis apa, jadi gak bisa kita yang nentuin sendiri kak

      Hapus
  62. Kalo mau pasang behel yang keramik yg transparant biaya nya lebih mahal yaah ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya kak lebih mahal, tapi di RSKGM gak ada, dulu aku pernah tanyain

      Hapus
  63. mbak mau tanya kalo bikin gigi palsu bisa juga kan ya ? ada info harga nya ?
    terimakasih sebelumnya
    mohon pencerahan nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa tapi beda bagiannya kak. Ada daftar harganya di bagian depan RS. Tapi gak aku foto. Ntar aku share disini deh yaa :)

      Atau bisa banget kak kalo mau konsul dulu aja kesana

      Hapus
  64. Kakk mau tanya dongg, kl udah ada bracket sblmnya nih tp belum full, kalau dicopot dulu ada tambahan biaya? Brp ya? Tolong dijawab hehehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau yang pernah aku tanyain, dicopotnya di dokter sebelumnya sih kak. Itu hanya tinggal bracketnya aja? karet2 dan kawatnya udah ga ada?

      Hapus
  65. Mau tanya dong , kalau pas pencabutan giginya itu pas sesudah di lasang behel ayau sebelum di pasang behel nya ? Huhuu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terantung diagnosa dokter. Bisa dari awal atau pas tengah2 perawatan. Waktu saya kemarin pas 2 bulan perawatan baru disuruh cabut.

      Hapus
  66. terakhir saya datang ke sana awal bulan oktober, saat dikonsultasikan oleh pihak sananya ada kenaikan untuk pemasangan harga behel atas-bawah yang asalnya harga 3,9Jt untuk pemasangan saja, menjadi 5,5jt. Terima kasih

    BalasHapus
  67. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. spesialis orthodonti kak. Ohiya? aku kira malah hari minggu libur :D
      bisa juga dicoba tuh berarti hari minggu :)

      Hapus
  68. Ka mau tanya, kalo untuk rontgen nya saja di rskgm bisakah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa sepertinya. atau kalo mau rontgen aja mending ke Lab Pramita (bocoran: tapi mahal)

      Hapus
  69. Kak buat pasang behel seriusan naik jadi 5,5jt? Kok aku cek tarif di websitenya masih 3,955jt? Apa websitenya salah?:(

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu yang aku denger dari orang-orang sih kak. Gaktau juga kalo websitenya, ada kemungkinan memang masih segitu sekarang, ada kemungkinan belum diupdate. Tapi denger dari orang yang udah kesana, emang udah naik katanya. Biar lebih jelas kakanya bisa kontak ke Whatsappnya aja kak

      Hapus
  70. Okey ka tencu yaw :) btw kontak WA nya yang Ada di balasan Kaka sebelumnya yah?

    BalasHapus
  71. makasih banyak udah sharing kakk, manfaat buat informasi dan referensi utk orang kaya aku yg mau pasang behel tp ingin tau rincian prosedurnya hehehshd

    BalasHapus
  72. Thanks for sharing.. Bermanfaat.. Kalo skrg udh harus megang 10 juta mungkin yah untuk behel di sana

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gak sampe. Paling 7jutaan

      Hapus
    2. Kalo di lt3 ga sampe, tapi kalo mau cepet dan ga ngantri ke spesialis pavilliun unpad nya, cuma harga nya lebih mahal. Dari tempat pendaftaran tinggal lurus.

      Hapus
  73. Sekarang kan katanya biaya pasang behel naik ya. Itu yg naik cuma biaya itu atau biaya yg lainnya juga naik?

    BalasHapus
    Balasan
    1. segera dishare info terbarunya yaa :-)

      Hapus
    2. Oke makasih ya kak...ditunggu informasinya :)

      Hapus
  74. Sharing harga tahun ini dongg kaa?

    BalasHapus
  75. Sharing harga tahun ini dongg kaa?

    BalasHapus
  76. Kalo bener-bener gabisa di hari kerja untuk kontrol apa bisa diusahakan weekend ya kak kira-kira? Dari luar kota juga, perjalanan pulang pergi aja bisa setengah hari ehehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa, tapi paling hari sabtu. Itu pun kalo dokternya kasih. Kalo dokterku sih suka ngasih hari Sabtu :)

      Hapus
  77. Kalau per januari 2019 harga dibehelnya berapa ya kak? Kalau tau mohob share😊 thanks

    BalasHapus